Selasa, 01 November 2011

Metode Riset BAB III

 BAB III
METODOLOGI PENELITIAN


3.1 Teknik Pengambilan Sampel

Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling yaitu suatu cara pengambilan sampel, di mana sampel yang dipilih dan dilandasi pertimbangan-pertimbangan atau tujuan tertentu. Sampel yang diambil dengan pertimbangan:

1.      Responden yang dijadikan sample adalah konsumen Bank Internasional Indonesia tanpa membedakan usia dan jenis kelamin.
2.      Responden adalah orang yang telah mendapatkan pelayanan di Bank Internasional Indonesia, sedang random berarti pengambilan sample dilakukan secara acak, sehingga setiap populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel, yang dimaksud populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang mendapat pelayanan dari Bank Internasional Indonesia.
 

3.2 Definisi Operasional Variabel

1. Critical Success Factors
Menurut Anthony dan Govindarajan (1995:427), merupakan variabel yang harus diperhatikan oleh perusahaan karena mengidentifikasikan faktor yang mensukseskan usaha dan yang menghambatnya, dimana keadaan tersebut membutuhkan penanganan secara cepat. Berikut merupakan variabel-variabel critical success factors yang diteliti :
 
a. Sumber Daya Manusia (X1)
Adalah tiap orang yang bekerja di Bank Internasional Indonesia.
 
b. Kualitas Pelayanan (X2)
Adalah kualitas pelayanan yang lebih unggul daripada pesaing yang dapat diandalkan untuk lebih unggul dari pesaingnya.

c. Fasilitas yang Tersedia (X3)
Adalah sarana yang dapat digunakan dan dinikmati oleh para karyawan maupun para nasabah sebagai fitur atau fasilitas tambahan.
 
2. Kepuasan Konsumen / Nasabah (Y)
Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya.
 
D. Teknik Pengumpulan Data
 
Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah Studi Kepustakaan yaitu berupa kegiatan yang mengumpulkan data berdasarkan pada teori-teori dari berbagai literatur yang berisi konsep dasar serta yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas.

tugas ini diberikan untuk : Prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar